Wednesday, January 25, 2012

Internet Menghubungkan Para Pembeli Dan Para Penjual

Internet merupakan media komunikasi yang paling utama dalam melakukan transaksi bisnis secara elektronik (e-commerce). E-commerce sendiri dapat dibedakan menjadi dua, yaitu jenis business to business (B2B) dan business to customer (B2C). Business to business (B2B) merupakan transaksi yang dilakukan antar pedagang. Sedangkan business to customer (B2C) adalah transaksi yang dilakukan antara pedagang dengan konsumen akhir/pemakai.

Transaksi B2B relative tidak melibatkan banyak orang. Orang yang terlibat dalam transaksi B2B biasanya dilatih secaa khusus dalam penggunaan system informasi dan sudah tidak asing dengan proses bisnis yang diperoleh dari transaksi tersebut. Situs untuk transaksi B2B pun tidak terlalu rumit. Dalam B2B informasi pembayaran ada dalam system yang terpisah dari system perdagangan secara elektronik.

Transaksi B2C memerlukan perbedaan desain yang mendasar. Tidak semua konsumen mempunyai keahlian teknologi informasi, sehingga situs perusahaan harus mempunyai intruksi yang jelas dan membantu konsumen. Contohnya seperti petunjuk model keranjang belanja (barang pilihan dapat dimasukkan atau dikeluarkan sebelum melakukan pembelian sesungguhnya), metode penyimpanan profil konsumen (alamat, nomor kartu kredit dll), klasifikasi barang yang ditawarkan dan metode pembayaran. Situs-situs seperti WWW.1800FLOWERS.COM dan WWW.HOMEDEPOT.COM, merupakan situs yang dikenal luas para pengamat situs web karena situs ini dirancang dengan baik untuk transaksi B2C.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons