Tuesday, July 12, 2011

STRATEGI UTAMA

Strategi utama
Disebut juga grand strategies/strategi induk
Adalah rencana induk jangka panjang yang menyediakan arahan dasar bagi tindakan-tindakan utama yang diarahkan pada pencapaian tujuan jangka panjang bisnis

Pertumbuhan terkonsentrasi
Adalah strategi utama dimana suatu perusahaan mengarahkan sumber dayanya pada pertumbuhan yang menguntungkan dari suatu produk, di suatu pasar, dengan satu teknologi yang dominan

Konsentrasi
Meningkatkan penggunaan produk yang ada dipasar saat ini:
Menaikkan tingkat penggunaan pelanggan saat ini
                    Meningkatkan jumlah pembelian
                    Membuat produk yang cepat ketinggalan jaman
                    Mengiklankan kegunaan lainnya
                    Memebrikan insentif harga untuk meningkatkan penggunaan
Menarik pelanggan pesaing
                    Menetapkan diferensiasi merek yang lebih tajam
                    Meningkatkan upaya promosi
Melakukan pemotongan harga
Menarik non pengguna untuk membeli produk
    Mendorong orang untuk mencoba produk melalui sampel, insentif, harga, dan seterusnya
                    Mengurangi atau menaikkan harga
                    Mengiklankan kegunaan-kegunaan baru

Pengembangan pasar
Adalah suatu strategi umum yang memasarkan produk-produk yang ada saat ini, seringkali hanya dengan modifikasi yang bersifat kosmetik, kepada pelanggan di wilayah-wilayah pasar yang terkait

Pengembangan pasar
Menjual produk yang ada saat ini di pasar-pasar baru:
         Membuka pasar geografis tambahan;
                             Ekspansi regional
                             Ekspansi nasional
                             Ekspansi internasional
Menarik segmen-segmen pasar lainnya;
                             Mengembangkan versi produk agar menarik segmen lain
                             Memasuki saluran distribusi lainnya
                             Beriklan di media lain

Pengembangan produk
Adalah strategi umum yang melibatkan modifikasi substansial atas produk yang sudah ada saat ini, yang dapat dipasarkan kepada pelanggan saat ini

Pengembangan produk
Mengembangkan produk-produk baru untuk pasar saat ini:
         Mengembangkan fitur-fitur produk baru
                               Melakukan adaptasi (terhadap ide)
                               Melakukan modifikasi (mengubah warna, gerakan, suara)
                               Memperbesar (lebih kuat, lebih panjang, lebih tebal)
                               Memperkecil (lebih kecil, lebih pendek, lebih ringan)
         Mengembangkan variasi mutu
         Mengembangkan model dan ukuran tambahan (priliferasi produk)

Inovasi
Adalah strategi utama untuk meraih margin premium berkaitan dengan penciptaan dan penerimaan pelanggan atas produk atau jasa baru

Integrasi horisontal
Adalah strategi utama yang didasarkan pada pertumbuhan melalui akuisisi atas perusahaan-perusahaan serupa yang beroperasi pada tahapan yang sama dari rantai produksi-pemasaran

Diversifikasi konsentris
Adalah strategi utama yang melibatkan pengoperasian bisnis kedua yang memperoleh manfaat dari akses pada kompetensi inti dari perusahaan pertama

Integrasi vertikal
Adalah strategi utama yang didasarkan pada akuisisi atas perusahaan-perusahaan yang memasok perusahaan yang mengakuisisi dengan input atau pelanggan baru untuk outputnya

Diversifikasi konglomerasi
Adalah strategi utama yang melibatkan akuisisi bisnis karena hal ini menghasilkan peluang investasi yang paling menjanjikan











0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons