Tuesday, July 12, 2011

TUJUAN DAN STRATEGI JANGKA PANJANG



Tujuan jangka panjang
Merupakan pernyataan dari hasil yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan dalam periode tertentu, yang umumnya tiga sampai lima tahun.
 Tujuan jangka panjang
1.    1. Profitabilitas
2. Produktivitas
3. Posisi kompetitif
4. Pengembangan karyawan
5. Hubungan dengan karyawan
6. Kepemimpinan teknologi
7. Tanggungjawab kepada masyarakat

 Kualitas jangka panjang
1.  Dapat diterima
2. Fleksibel
3. Terukur
4. Memotivasi
5. Sesuai
6. Dapat dipahami
7. Dapat dicapai
Balance Scorecard
  • Diciptakan oleh Roberts S. Kaplan dan David P. Norton
  • Merupakan satu kumpulan dari empat ukuran yang berkaitan langsung dengan strategi suatu perusahaan; kinerja keuangan,pengetahuan mengenai pelanggan,proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan.
  • Mengandung devinisi yang tepat mengenai visi dan strategi perusahaan. Visi dan strategi tersebut dikelilingi oleh empat kotak tambahan,setiap kotak memiliki tujuan, ukuran, target, dan inisiatif untuk salah satu dari empat perspektif yang ada.
Strategi umum
Adalah gagasan inti mengenai bagaimana suatu perusahaan dapat paling baik bersaing dipasar
Tiga strategi umum
  • Berjuang untuk mencapai keunggulan biaya rendah secara keseluruhan dalam industri
  • Berjuang menciptakan dan memasarkan produk-produk unik untuk beragam kelompok pelanggan melalui differensiasi
  • Berjuang untuk memiliki daya tarik khusus bagi satu atau lebih kelompok pelanggan atau pembeli industri, dengan berfokus pada biaya atau differensiasi
Disiplin Nilai
  • Adalah pendekatan alternatif terhadap strategi umum
  • Dikemukakan oleh konsultan manajemen internasional Michael treacy dan Fred Wiersema. Mereka meyakini bahwa strategi harus berpusat pada penciptaan nilai pelanggan yang superior melalui satu dari tiga disiplin nilai: keunggulan operasional, kedekatan dengan nilai pelanggan, atau keunggulan produk
Keunggulan opersional
  • Merupakan pendekatan strategis khusus terhadap produksi dan pengiriman produk atau jasa
  • Perusahaan yang memilih strategi ini berupaya menjadi pemimpin di industrinya dalam hal harga dan kenyamanan dengan cara memfokuskan diri pada operasi yang ramping dan efisien
  • Perusahaan berupaya meminimalkan biaya dengan mengurangi overhead, mengeliminasi tahap-tahap produksi perantara, mengurangi biaya transaksi, dan mengoptimalkan proses bisnis lintas batas fungsional dan organisasional
  • Fokus: pada pengiriman produk atau jasa kepada pelanggan dengan harga yang kompetitif dan ketidaknyamanan yang minimal
  • Perusahaan merektrukturisasi proses pengirimannya untuk berfokus pada efisiensi dan keandalan, serta menggunakan sistem teknologi mutakhir yang menekankan pada integrasi dan transaksi berbiaya rendah
Kedekatan dengan pelanggan
  • Perusahaan secara terus menerus menyesuaikan dan membentuk produk dan jasa agar sesuai dengan tuntutan pelanggan yang semakin tinggi
  • Perusahaan menggabungkan pengetahuan konsumen yang rinci dengan fleksibilitas operasional. Perusahaan merespon dengan cepat terhadap hampir semua permintaan, dari mengubah produk agar memenuhi permintaan khusus sampai menciptakan loyalitas pelanggan
  • Struktur organisasinya menekankan pada pemberdayaan karyawan agar dekat dengan pelanggan
  • Sistem manajemen menyadari dan menggunakan konsep: nilai pelanggan seumur hidup, dan norma-norma diantara para karyawan yang konsisten dengan cara berpikir “sesuai dengan keinginan anda”
Keunggulan produk
  • Perusahaan berupaya menghasilkan aliran produk dan jasa mutakhir yang tetap
  • Tiga tantangan yang dihadapi: 1) kreativitas 2) mengomersialisasi gagasan dengan cepat 3) memilih mengeluarkan perbaikannya sendiri daripada menunggu pesaing untuk memasuki pasar
  • Kekuatan pemimpin produk: reaksinya terhadap situasi yanag terjadi saat ini
  • Para pemimpin produk bertindak sebagai pesaing bagi dirinya sendiri


0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons